Catatan Dari Seminar Bimbel Gajah

Lagi pingin nulis pengalaman ikut seminar nih,
dah agak lama sih,
beberapa bulan lalu aku (setengah dipaksa) ikut seminar soal bimbel gitu,
gara-garanya panitia pensi sekolahku butuh dana, dan kalo sekolahku bisa mengerahkan massa ke seminar itu,
bimbelnya bakal ngasih duit buat pensi...
Licik juga ya...

Nah, bimbel yang ngadain kita sebut aja Bimbel Gajah..
Dengan presentatornya sebut saja B.F


aku jadi kepikiran, seminar ginian, dan seminar-seminar bimbel laen yang pernah kuikuti, kalo dicermati polanya sama..
Ada sistematika tertentu yang dikemas menarik,dalam strategi marketing yang cantik..

Pertama, dibacakan dulu curiculum Vitae si Presentator, gelar-gelarnya,prestasinya,bla bla bla..
Tujuannya agar mangsa (baca: siswa peserta seminar) aware kalo yang bakal menceramahi dia tuh orang terdidik..
Dan pastinya si siswa bakal kasih perhatian lebih..
Maklum lah, anak SMA kan punya short attention span untuk hal-hal berbau akademis gitu,
apalagi kalo yang ngomong cuma orang biasa-biasa aja

Langkah kedua, si BF memuji-muji siswa untuk menarik simpati
"sekolah unggulan di Yogyakarta,bla bla bla yadda yadda..",adalah salah satu contoh rayuan yang diumbar BF untuk menjilat para mangsa

Langkah berikutnya adalah menjatuhkan mental siswa..
Dengan data-data standar kelulusan, data persaingan masuk UGM..
Belum cukup,malah ditambahi cerita dramatis tentang kisah gagal masuk Universitas favorit, siswa gantung diri gara-gara gag lulus Unas..
Juga tentang mepetnya waktu Utul n SNMPTN..
Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa gag aman pada diri mangsa..

Langkah selanjutnya, si BF mulai mengeluarkan soal-soal beserta seperangkat rumus ajaib..
Gag cuma sekali duakali,tapi berkali-kali nampilin soal-soal laknat itu,juga solusi ajaibnya..
Tujuannya jelas, mempesonakan para mangsa dan membuat para mangsa berpikir rumus-rumus ajaib itu adalah kunci sukses UM..

Terakhir adalah waktunya Promosi,dengan kata-kata muluk,garansi lulus, diskon ini itu..
Pada titik ini,para mangsa yang sudah merasa gag aman dan terpesona akan rumus-rumus instan yang bagaikan dewa penolong itu ,menjadi sasaran empuk bagi Bimbel untuk melancarkan serangan marketing mereka
belum lagi dengan tawaran diskon berjangka waktu,such as "diskon 50% bagi siswa yang mendaftar sebelum 4 mei"yang kayak gini menambah tekanan psikologis dan membuat para mangsa jadi makin terpengaruh

Yeah,tiap seminar pasti kayak gitu,gag peduli bimbelnya apa..
Yah,mungkin ada beberapa sisipan lain sih,tapi agenda pokoknya ya itu-itu tadi..
Khusus Bimbel Gajah ndiri,seminar untuk SMP n SMA nyaris sama bentuk"an'e

ah,pokok'e seminar bimbel gag ubahnya strategi marketing yang cerdas..

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Mengenai Saya

Remaja biasa-biasa aja yang memandang dunia dalam perspektif hiperbolis

Pengikut

Yang Mampir-Mampir Kesini Ada...